So Aja

Baca online: cerpen, puisi, naskah drama, surat

0 Komentar 15/06/13 | @ 19.28

Pengantar

Laporan bukan merupakan hal yang asing di dalam kehidupan manusia dewasa ini. Laporan sudah menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari kehidupan manusia. Karena jika mau menilik, maka laporan dibutuhkan hampir di semua aspek ilmu pengetahuan dan semua jenis pekerjaan dengan instansi yang terkait.

Laporan dapat dimanfaatkan mulai dari siswa untuk melaksanakan kegiatannya hingga pemerintah/instansi untuk menyusun kebijaksanaan-kebijaksanaan. Tetapi sayangnya hal ini tidak didukung dengan kemampuan untuk membuat laporan yang baik dan benar.

Laporan yang baik dan benar yaitu laporan yang sesuai dengan kaidah penyusunan laporan dan yang dilaporkan sesuai dengan fakta, mencakup semua unsur dan tepat waktu. Orang cenderung membuat laporan secara sembarangan. Oleh karena itu mempelajari menulis laporan merupakan hal yang penting. Bayangkan jika seseorang melaksanakan sesuatu baik kegiatan, penelitian maupun perjalanan kemudian diminta membuat laporannya tentang hal-hal penting, tetapi dia tidak bisa. Padahal dari laporan tersebut banyak hal yang bisa dipelajari dan dijadikan suatu tindakan awal dalam mencari pemecahan suatu masalah.

Pengertian Laporan

Laporan merupakan dokumen yang bentuknya sangat bervariasi sehingga sulit untuk mendefinisikannya. Berikut ini ada beberapa pengertian dari laporan. Laporan adalah suatu cara komunikasi di mana penulis menyampaikan informasi kepada seseorang atau suatu badan karena tanggung jawab yang dibebankan kepadanya (Keraf, 2001:284).

Laporan adalah pemecahan suatu problem atau jawaban suatu pertanyaan, yang didukung oleh fakta yang diperoleh dari atau yang dibuktikan kebenarannya oleh penulisnya. Laporan berbentuk prosa ilmiah yang dikembangkan untuk berbagai cabang pengetahuan dan biasanya ditulis atas permintaan, perintah, atau jasa komisi (Brotowijoyo, 1988:166).

Laporan yaitu membawa kembali dokumen tertulis yang disusun sebagai hasil dari prosedur untuk menjelaskan informasi (Hasnun, 2007 :49).

Berdasarkan pengertian-pengertian di atas, dapat disimpulkan pengertian dari laporan. Laporan adalah alat komunikasi tulis yang digunakan untuk menyampaikan informasi, memecahkan masalah/menjawab pertanyaan, yang didukung oleh fakta sebagai hasil dari prosedur dan bentuk tanggung jawab dan dibuat atas permintaan, perintah, jasa komisi atau atas kemauan sendiri.

Label: