So Aja

Baca online: cerpen, puisi, naskah drama, surat

0 Komentar 16/06/13 | @ 09.28

Keunggulan Laporan

Laporan memiliki 2 kelebihan, yaitu: 1) akurat dan 2) faktual. Sedangkan kelemahan laporan adalah: 1) penyusunan memakan waktu lama, 2) Memerlukan ketelitian dan keintensifan dan 3) Kadang hanya untuk kalangan terbatas.

Akurat

Informasi yang diperoleh dari laporan merupakan informasi yang lengkap dan akurat. Hal ini dikarenakan laporan disusun berdasarkan fakta-fakta yang terjadi di lapangan. Penulis tidak sembarangan dalam menyusun suatu laporan. Hal yang dilaporkan benar-benar kenyataan, sehingga data, informasi, dan kesimpulannya adalah sesuatu yang akurat dan benar adanya.

Faktual

Laporan yang disajikan selalu bersifat faktual. Yang dimaksud faktual adalah hal baru yang belum pernah dilaporkan sebelumnya. Melalui laporan kita dapat mengetahui hal-hal baru untuk menambah pengetahuan yang kita miliki.

Kelemahan Laporan

Kelemahan dari laporan antara lain.

Memerlukan waktu dalam penyusunannya

Waktu yang diperlukan dalam menyusun laporan tidak sedikit, bahkan bisa bertahun-tahun. Hal itu tergantung dari target penyusunan dari penulis. Waktu penyusunan yang relatif lama membuat informasi yang ingin disampaikan menjadi tertunda.

Memerlukan ketelitian dan keintensifan

Dalam menulis laporan, penulis harus ekstra teliti dan hati-hati. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan sekecil apapun, terutama dalam memasukkan data untuk dianalisis. Karena satu saja kesalahan kecil dapat mengubah kesimpulan. Selain itu laporan harus ditulis secara intensif agar segala sesuatu bersifat berkesinambungan sehingga tidak terjadi kelalaian.

Kadang hanya untuk kalangan terbatas

Sebagian besar laporan dibuat hanya untuk kalangan tertentu, tidak semua orang dapat mengetahui laporan. Misalnya saja laporan keuangan suatu perusahaan, maka hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengakses laporan tersebut. Hal ini tentunya akan mempersulit orang yang ingin mengetahui contoh laporan yang diinginkan dan mendapatkan informasi yang ada di dalamnya.

Label: