So Aja

Baca online: cerpen, puisi, naskah drama, surat

0 Komentar 16/06/13 | @ 09.31

Tujuan dari pembuatan laporan tergantung dari situasi dan kondisi pembuat dan penerima laporan. Tujuan laporan secara umum adalah: 1) Untuk mengatasi suatu masalah, 2) Untuk mengambil keputusan, 3) Untuk mengetahui kemajuan dan perkembangan dan 4) Untuk mengadakan pengawasan dan perbaikan.

Untuk mengatasi suatu masalah

Berdasarkan laporan, seseorang atau suatu pihak dapat mencari solusi yang tepat dari masalah yang sedang dihadapi. Misalnya naiknya BBM sangat menyusahkan masyarakat. Lalu ada seseorang berhasil menemukan alternatif energi yang dapat mengganti BBM. Hal ini dapat membantu mengatasi permasalahan masyarakat terhadap kenaikan BBM.

Untuk mengambil keputusan

Laporan dapat digunakan sebagai bahan acuan untuk mengambil keputusan dalam suatu hal. Misalnya, dalam laporan terhadap kinerja karyawan PT.X ditarik kesimpulan bahwa banyak karyawan yang menganggur ketika jam kerja, maka dibuat keputusan untuk memindahkan karyawan ke bidang lain yang masih memerlukan banyak tenaga.

Untuk mengetahui kemajuan dan perkembangan

Melalui laporan pembaca dapat mengetahui perkembangan dan kemajuan suatu hal. Misalnya, pemerintah sedang melaksanakan sosialisasi penghematan listrik. Maka perkembangan dari penghematan listrik terus diamati hingga tujuannya benar-benar tercapai.

Untuk mengadakan pengawasan dan perbaikan

Laporan digunakan untuk mengadakan pengawasan dan perbaikan. Misalnya pemerintah mengadakan program seribu sekolah sehat. Dengan adanya program tersebut, pemerintah secara berkesinambungan mengawasi dan mengadakan perbaikan di sekolah-sekolah yang sekiranya memerlukan perbaikan.

Label: