So Aja

Baca online: cerpen, puisi, naskah drama, surat

0 Komentar 15/06/13 | @ 19.33

Fungsi laporan sendiri dapat bedakan menjadi 3 hal, yaitu: 1) Menyediakan informasi, 2) Sebagai bentuk pertanggungjawaban, dan 3) Sebagai acuan. Untuk masing-masing bisa dilihat sebagai berikut.

Menyediakan informasi

Laporan berfungsi untuk menyediakan informasi. Melalui laporan kita dapat mengetahui informasi yang kita perlukan mengenai suatu hal dalam bidang tertentu. Misalnya, laporan pembangunan sekolah, dari laporan tersebut kita dapat mengetahui proses pembangunan , apa saja yang dibutuhkan, biaa yang dikeluarkan,dan sebagainya.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban

Laporan berfungsi sebagai bentuk pertanggungjawaban. Yang dimaksudkan bentuk pertanggung jawaban adalah laporan sebagai salah satu upaya untuk bertanggung jawab karena telah melaksanakan sesuatu. Dengan begitu maka pihak yang berkepentingan dapat mengetahui bahwa penulis telah melaksanakan suatu kegiatan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.

Sebagai acuan

Laporan digunakan sebagai acuan. Melalui laporan, seseorang atau suatu pihak dapat menentukan langkah yang akan diambil setelah membaca laporan. Misalnya laporan tentang banyaknya orang yang masih buta aksara, sehingga pihak yang berkepentingan dapat membuat keputusan untuk memberantas buta aksara di daerah tersebut melalui program X.

Label: