So Aja

Baca online: cerpen, puisi, naskah drama, surat

0 Komentar 16/06/13 | @ 09.38

Bagian-bagian isi laporan tergantung dari ragam laporan yang dibuat. Bagian-bagian dari laporan yang biasa digunakan adalah: 1) Sampul, 2) halaman judul, 3) surat penyerahan, 4) abstrak, 5) daftar isi, 6) pendahuluan, 7) isi, 8) kesimpulan dan saran dan 9) bagian pelengkap.

Sampul

Sampul atau cover adalah bagian yang biasanya berada paling luar. Berisi judul laporan, penyusun laporan, kepentingan penyusunan laporan, logo instansi, dan bulan pembuatan laporan.

Halaman judul

Halaman judul berisi judul laporan, nama dan identitas penerima laporan, nama dan identitas penulis, tempat dan tanggal. Judul laporan harus jelas, ringkas, lengkap, dan mencerminkan isi. Identitas dan nama penerima tidak selalu ditulis, tetapi jika disertakan biasanya diawali dengan kata “Diserahkan Kepada”. Nama dan identitas penulis didahului kata “Oleh” dan diikuti identitas penulis. Tempat dan tanggal ditulis di bagian bawah dengan terpisah.

Surat penyerahan

Surat penyerahan adalah surat formal yang berisi unsur-unsur konvensional surat dengan judul “Surat Penyerahan”. Sebenarnya surat penyerahan ini bukanlah bagian dari laporan, tetapi hanya sebagai pengantar dan sifatnya perorangan.

Abstrak

Abstrak adalah suatu uraian yang bertujuan menerangkan aspek-aspek yang ditulis dan informasi penting dalam laporan kepada pembaca. Ini penting untuk melihat secara sekilas isi dari laporan. Dapat juga digunakan untuk menyegarkan ingatan agar ingat kembali isi laporan yang sudah dibaca.

Daftar isi

Daftar isi adalah bagian dari laporan yang menunjukkan garis besar judul, subjudul laporan yang memberi gambaran dan petunjuk topik apa saja yang dilaporkan. Daftar isi berguna untuk memudahkan pembaca mengetahui struktur dari laporan.

Pendahuluan

Pendahuluan adalah bagian dari laporan yang berfungsi sebagai pengantar sebelum memasuki inti dari suatu laporan. Pendahuluan berisi tentang latar belakang masalah, ruang lingkup, uraian ringkas penyusunan, tujuan, sumber informasi, waktu pelaksanaan, dsb.

Isi

Isi dari laporan menyangkut persoalan dan segala sesuatu yang berkaitan langsung dengan persoalan tersebut. Biasanya isi laporan meliputi: hasil pengamatan, pencocokan data dan fakta, faktor pendukung dan penghambat, pembahasan dan hasil dari sesuatu yang telah dilaksanakan mengenai pokok persoalan yang akan dilaporkan.

Kesimpulan dan saran

Kesimpulan dan saran adalah bagian penutup dari laporan. Kesimpulan ditarik dari fakta-fakta dan banyak mempersoalkan hubungan logis. Sedangkan saran merupakan langkah atau alternatif-alternatif penyelesaian masalah supaya masalah dapat diatasi dengan sebaik-baiknya. Bentuk kesimpulan tergantung dari isi laporan karena urutannya penyajiannya sesuai dengan isi laporan.

Bagian Pelengkap

Bagian pelengkap adalah bagian dari laporan yang melengkapi laporan. Bagian pelengkap ini biasanya berupa lampiran dan bibliografi. Misalnya lampiran tentang data yang telah dikumpulkan, foto-foto, peta, dan lain sebagainya.

Label: