So Aja

Baca online: cerpen, puisi, naskah drama, surat

0 Komentar 16/06/13 | @ 09.47

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Menulis Laporan

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis laporan antara lain: 1) Hal yang dilaporkan, 2) Pihak yang melaporkan, 3) Pihak yang menerima laporan, dan 4) Bahasa laporan.

Hal yang dilaporkan

Hal yang dilaporkan adalah topik pokok yang telah dilaksanakan dan yang akan dilaporkan. Hal yang akan dilaporkan berpengaruh pada isi laporan dan bentuk dari laporan itu sendiri.

Pihak yang melaporkan

Pihak yang memberikan laporan bisa berupa perorangan atau panitia. Pihak yang melaporkan harus mengetahui duduk persoalan yang akan dilaporkan sehingga tidak membuat laporan secara sembarangan dan laporannya bersifat objektif dan akurat.

Pihak yang menerima laporan

Penulis laporan harus memperhatikan pihak yang menerima laporan, jabatannya, statusnya, serta posisinya. Karena hal ini akan berpengaruh pada gaya, isi, dan tujuan dari penulisan laporan.

Bahasa laporan

Bahasa yang digunakan dalam laporan adalah bahasa formal yang memenuhi syarat baik dan benar. bahasa baku yang sesuai dengan kaidah penulisan bahasa baku yang terdapat dalam EYD. Penyusunan paragraf, kalimat, pemilihan kata, hingga tanda baca yang digunakan harus tepat dan dari segi sintaksisnya bahasanya teratur.

Label: