So Aja

Baca online: cerpen, puisi, naskah drama, surat

0 Komentar 14/06/13 | @ 19.04

Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak bisa lepas dengan kegiatan berkomunikasi. Baik komunikasi tulis ataupun lisan. Komunikasi lisan dilakukan dengan kegiatan berbicara dan menyimak, sedangkan komunikasi tulis dilakukan dengan menggunakan media tulisan.

Media komunikasi tulis mempunyai beberapa ragam, salah satunya adalah surat. Surat merupakan media komunikasi tulis yang sangat penting dalam kehidupan. Hal ini dikarenakan surat diperlukan sebagai sarana komunikasi untuk berbagai keperluan dalam kehidupan. Misalnya untuk sarana komunikasi antar individu, antar lembaga/instansi, maupun antara individu dan instansi. Di samping itu, melalui surat yang sesuai, pesan/maksud yang ingin disampaikan penulis kepada penerima surat dapat disampaikan dengan gamblang dan melalui proses yang matang, tidak seperti jika melalui media lisan yang kadang kurang berstruktur. Juga karena keterbatasan manusia, misalnya tidak ada jaringan komunikasi dengan jarak yang jauh, maka surat dapat menjadi alternatif. Oleh karena itu, mempelajari bab tentang persuratan adalah hal yang penting dilakukan.

Pengertian Surat

Surat adalah alat komunikasi dengan bahasa tulisan yang digunakan sebagai alat atau sarana untuk menyampaikan suatu informasi atau berita (Dewi, 2004: 1). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, surat adalah kertas bertulis dengan berbagai isi dan maksud sebagai tanda atau keterangan.

Surat adalah alat/sarana komunikasi tertulis antar pihak dengan menggunakan kertas berukuran tertentu yang merupakan penjelasan pikiran dan perasaan seseorang.

Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa surat adalah alat komunikasi tulis dengan bahasa tulisan yang di dalamnya berisi maksud/tujuan dan digunakan untuk menyampaikan informasi atau berita.

Ragam Surat

Berdasarkan jenisnya, surat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  1. surat resmi
  2. surat resmi pribadi
  3. surat pribadi

Label: ,