So Aja

Baca online: cerpen, puisi, naskah drama, surat

0 Komentar 14/06/13 | @ 19.36

Pengertian Surat Resmi

Surat resmi pribadi adalah surat yang ditulis individu/perorangan yang ditujukan kepada lembaga atau instansi dengan tujuan tertentu sesuai dengan maksud penulis. Contoh dari surat resmi pribadi adalah surat lamaran pekerjaan yang dikirimkan seseorang untuk instansi dengan tujuan melamar pekerjaan.

Jenis-jenis Surat Resmi Pribadi

Jenis-jenis surat resmi pribadi dijelaskan sebagai berikut.

  1. Surat izin sekolah, yaitu surat yang digunakan untuk meminta izin tidak mengikuti pelajaran karena alasan tertentu, misalnya sakit, pergi, mengikuti lomba, dsb.
  2. Surat izin kerja, yaitu surat yang digunakan untuk tidak bekerja karena ada alasan, misalnya sakit, orang tua meninggal, dsb.
  3. Surat izin pindah sekolah, yaitu surat yang ditujukan kepada kepala sekolah untuk meminta surat rekomendasi yang digunakan untuk pindah sekolah dengan alasan tertentu, misalnya mengikuti orang tua yang pindah.
  4. Surat lamaran pekerjaan, yaitu surat dari seseorang kepada instansi atau perusahaan untuk mencari/melamar menjadi karyawan di tempat tersebut.
  5. Surat permohonan, yaitu surat yang ditujukan kepada atasan untuk meminta sesuatu. Misalnya, surat permohonan izin, cuti kuliah, maupun permohonan dana.
  6. Surat keterangan, yaitu surat yang berisikan keterangan tentang suatu hal yang digunakan untuk tujuan tertentu. Misalnya saja surat keterangan tidak mampu.
  7. Surat pernyataan, yaitu surat yang berisikan pernyataan seseorang tentang suatu hal. Misalnya surat pernyataan kesediaan untuk melaksanakan KKN di tempat yang telah ditentukan oleh Universitas.
  8. Surat perjanjian, yaitu surat yang berisi perjanjian antara individu dengan tujuan tertentu. Misalnya surat perjanjian pinjaman uang yang biasanya disertakan materai.

Label: ,