So Aja

Baca online: cerpen, puisi, naskah drama, surat

0 Komentar 27/05/16 | @ 08.58

Seorang pimpinan perusahaan pastilah sering dihadapkan dengan adanya surat lamaran pekerjaan. Pimpinan perusahaan memandang perlu adanya suatu daftar riwayat hidup, sebagai lembaran pelengkap atau keterangan singkat mengenai karir dan kualifikasi seseorang yang biasanya dipersiapkan secara khusus oleh seorang pelamar untuk suatu lowongan pekerjaan. Keterangan singkat ini merupakan lampiran dari surat lamaran, disebut curriculum vitae (lebih dikenal dengan istilah Daftar Riwayat Hidup). Kadang-kadang disebut juga dengan nama Data Pribadi atau Resume.

Daftar riwayat hidup ini juga dilengkapi dengan keterangan tentang pendidikan, latihan kerja/pengalaman kerja, kualifikasi pribadi dan lain-lain keterangan.

Surat lamaran untuk jabatan tertentu pada hakekatnya ditulis dengan tulisan tangan yang jelas dan biasanya disertai dengan daftar riwayat hidup. Isi daftar riwayat hidup antara lain: nama, tempat dan tanggal lahir (umur), pendidikan, ijasah-ijasah yang diperoleh, pengalaman kerja, referensi dan keterangan-keterangan lain.

Berikut model Daftar Riwayat Hidup yang dilengkapi dengan keterangan-keterangan yang sifatnya relevan.

contoh-daftar-riwayat-hidup

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Label: