So Aja

Baca online: cerpen, puisi, naskah drama, surat

0 Komentar 27/05/16 | @ 08.26

Berikut ini adalah 6 hal penting yang harus diperhatikan dalam surat lamaran.

Bentuk tulisan

Surat lamaran biasanya ditulis, kecuali bila tidak disyaratkan tersendiri dapat diketik. Tulisan tangan atau ketikan harus rapi dan jelas tanpa coret-coretan atau bekas hapusan.

Kertas dan bentuk surat

Surat lamaran dengan tulisan mempergunakan kertas folio bergaris, sedangkan surat lamaran yang diketik memakai kertas HVS ukuran folio atau kuarto.

Kualifikasi pelamar

Kecuali mencantumkan data pribadi (nama lengkap, tanggal dan tempat lahir, alamat dan status keluarga), pelamar harus menyebutkan pendidikan (pendidikan dasar/kejuruan lainnya), kecakapan atau keahlian, dan pengalaman (khusus dalam bidang pekerjaan yang dilamar, atau bidang lain).

Referensi

Alamat referensi harus jelas dan menunjuk orang-orang atau tokoh-tokoh yang terkenal dalam masyarakat. Misalnya bekas pimpinan kantor pelamar, kepala sekolah, pejabat-pejabat penting lainnya, yang tidak ada hubungan keluarga dengan pelamar.

Gaji dan Jasa

Isi surat lamaran janganlah memuat kalimat-kalimat yang bernada merendahkan diri. Tunjukkan bahwa kita ingin bekerja dan menerima gaji bukan atas belas kasihan orang, melainkan atas sumbangan pikiran dan tenaga kita (prestasi). Gaji yang kita terima merupakan balas jasa yang kita berikan kepada perusahaan atau kantor tempat kita bekerja.

Pengajuan Surat Lamaran

Pengajuan surat lamaran dapat dilakukan sebagai berikut. a) Berdasarkan pemberitahuan (iklan, siaran atau pemberitahuan orang lain/kenalan atau dari kantor penempatan tenaga dan sebagainya) dan b) Berdasarkan inisiatif sendiri.

Surat lamaran sebaiknya dilampirkan riwayat hidup (curriculum vitae) yang telah diketik.

Itulah 6 hal penting yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran. Semoga lekas dapat pekerjaan.

Label: